• Breaking News

    Jumat, 09 Februari 2018

    MENHUB BUDI RESMIKAN PEMBANGUNAN TERMINAL ANAK AIR DI PADANG

    MENHUB BUDI RESMIKAN PEMBANGUNAN TERMINAL ANAK AIR DI PADANG

    MENHUB BUDI RESMIKAN PEMBANGUNAN TERMINAL ANAK AIR DI PADANG


    Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah meresmikan mulainya pembagunan terminal Anak Air di padang, yang merupakan terminal penumpang tipe A untuk angkutan antar kota dan provinsi.

    Pada pembagunan tersebut, telah menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebanyak Rp 72 miliar. Dan rencananya, proses pembagunan tersebut akan dibagi dalam dua tahap.

    "Tentu sudah menjadi kewajiban terminal perhubungan untuk membangun terminal penumpang tipe A seperti ini,"Kata Budi, di Padang, Jumat 9 Februari 2018.

    Ia menjelaskan bahwa, pada pembangunan terminal ini akan dilakukan di atas tanah hibah Pemerintah Kota Padang seluas 2,7 hektar. Untuk pembangunan tahap yang pertama akan dilakukan pada 2018. Sedangkan untuk tahap yang kedua tahun 2019.

    Disisi lain, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan bahwa, pembangunan
    tahap pertama memakan dana sebesar Rp 7,5 miliar. Sedangkan tahap kedua Rp 64,5 miliar.

    "Jadi untuk total dua tahap ini sekitar Rp 72 miliar,"Kata dia.

    Luas dari keseluruhan tanah yang dihibahkan oleh Pemkot Padang adalah 4,5 hektar. Akan tetapi, hanya 2,7 hektar yang bisa digunakan untuk terminal, semntara itu sisanya akan digunakan untuk pembangunan area komersil serta balai pengujian kendaraan bermotor.

    Apa bila sudah beroperasi, maka Terminal Anak Air dapat menampung hingga 17 trayek bus AKAP, 59 trayek AKDP, serta 1 lintasan BRT. Selain itu bisa juga untuk menampung sebanyak 1.752 orang penumpang per harinya, 67 bus, 147 mobil pribadi, 150 motor dan 15 angkot.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Pengetahuan

    Gaya Hidup

    Pendidikan