• Breaking News

    Sabtu, 22 Juli 2017

    MENGUNGKAPKAN FAKTA DIBAIK PULAU BORNEO YANG TERLETAK DI KALIMANTAN

    MENGUNGKAPKAN FAKTA DIBAIK PULAU BORNEO YANG TERLETAK DI KALIMANTAN

    MENGUNGKAPKAN FAKTA DIBAIK PULAU BORNEO YANG TERLETAK DI KALIMANTAN

    Kalimantan merupakan salah satu tempat yang memiliki pulau dengan area yang sangat luas di Indonesia. dan pernahkan kamu menyebutkan bahwa seluruh wilayah di kalimantan tersebut dengan sebutan Borneo atau sebaliknya?.

    Berdasarkan pembukuan dari Ecology of Kalimantan :Indonesia Borneo ini telah dijelaskan bahwa, Kalimantan adalah tempat dimana nama yang diberikan oleh Indonesia untuk sebagian Pulau Borneo tersebut di Kalimantan, dengan menempati sekita 73% Borneo.

    Dan sementara itu, Pulau Borneo ini telah dijadikan sebagai palau yang ditempati oleh tiga negara dari adminstratif yakni, Kalimantan, Malaysia, dan juga Brunei Darussalam. dan Indonesia ini tleah menempati bagian selatan Pulau Borneo.

    Dalam pemberian nama Borneo ini berasal dari nama Brunei. dan menurut dari sebuah pencatatan dari seorang utusan kerajaan Tiongkok, pada abad ke-8 hingga ke-9 ini, kalimantan telah dikenal sebagai Po-Po-Li, Po-Ni, atau Bun-Lai.

    Sangat jelas skeali bahwa, kemiripan dari nama Bun-Lai dan juga Brunei ini telah memungkinkan memang nama ini sudah digunakan pada sejak masa lalu.

    Untuk diketahui, gimana dataran tinggi di Borneo ini, bukanlah pegunungan berapi. tetapi Borneo hanyalah memiliki satu gunung berapi yang sudah mati dengan gunung tertinggi di Asia Tenggaa yakni Gunung Kinabalu di Sabah. yang tingginya tersebut telah mencapai hingga 4.095 meter (13.435 Kaki).

    Dengan kata lain, Borneo Indonesia telahdisebut juga Kalimantan, dan kemudian Malaysia Timur denga nama lainya yakni Borneo Malaysia. dan sementara itu Brunei tetaplah masih menggunakan nama yang sama, sebab, negara tersebut hanya menempati satu persen di wilayah Borneo tersebut.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Pengetahuan

    Gaya Hidup

    Pendidikan