• Breaking News

    Senin, 02 April 2018

    INILAH YANG DILAKUKAN FACEBOOK UNTUK MENCEGAH BERITA HOAXS

    INILAH YANG DILAKUKAN FACEBOOK UNTUK  MENCEGAH BERITA HOAXS


    Facebook telah memutuskan untuk mengundang media Indonesia Tirto.id sebagai pemeriksa fakta pihak ketiga dalam upaya raksasa media sosial untuk mengurangi penyebaran berita palsu atau hoax.

    Tirto.id adalah outlet media baru nasional yang disertifikasi oleh Poynter Institute, yang merupakan pemeriksa fakta independen internasional.

    “Kita semua memiliki tanggung jawab untuk mengurangi jumlah berita palsu, itulah sebabnya kami bermitra dengan Tirto.id yang disertifikasi oleh pemeriksa fakta independen internasional,” kata pemimpin kemitraan berita Facebook Indonesia, Alice Budisatrijo di SCBD Equity Tower di South Jakarta hari ini.

    Menurut Alice, baik Facebook dan Tirto.id akan meninjau potongan berita yang ditandai oleh raksasa media sosial untuk menguji fakta dan keakuratannya demi masyarakat Indonesia.

    Dengan begitu, publik akan lebih bijak dalam memutuskan potongan berita mana yang bagus untuk dibaca dan mana yang tidak, ”kata Alice.

    Pendiri Tirto.id Sapto Anggoto menyuarakan dukungannya untuk program ini dan berharap untuk terus memberikan informasi yang kredibel untuk massa.

    “Ini baru permulaan dan kami akan mulai dengan memeriksa satu atau dua berita yang menunjukkan indikasi palsu setiap hari. Ini tantangan bagi kami, saya pribadi belum menetapkan target kuantitas, tetapi lebih pada kualitas informasi yang benar, ”kata Sapto Anggoto.

    Sapto menyarankan bahwa akan ada lebih banyak media berita yang akan bermitra dengan Facebook dalam program khusus ini untuk membantu mencapai tujuannya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Pengetahuan

    Gaya Hidup

    Pendidikan