• Breaking News

    Sabtu, 07 April 2018

    ABU VULKANIK GUNUNG SINABUNG TELAH MULAI MEMASUKI WILAYAH ACEH

    ABU VULKANIK GUNUNG SINABUNG TELAH MULAI MEMASUKI WILAYAH ACEH

    ABU VULKANIK GUNUNG SINABUNG TELAH MULAI MEMASUKI WILAYAH ACEH


    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Blangbintang telah memperkirakan abu vulkanik dari leutsan Gunung SInabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), telah memasuki wilayah di Aceh.

    "Abu vulkanik telah terbawa angin ke wilayah Aceh dini hari tadi sekitar pukul 01.30 WIB,"Ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Zakaria Ahmad, Sabtu 7 April 2018.

    Dilaporkan bahwa, Gunung Sinabung kembali meletus, pada Jumat 6 April 2018, sekitar pukul 16.06 WIB kemarin, dengan setinggi 5.000 meter ke udara dengna mengikuti arah angin ke Tenggara-Timur dan Selatan-Tenggara.

    Dari letusan kali ini telah melontarkan awan panas sejauh 3.500 meter, disertai abu vulkanik dengan materiel piroklastik dengan berkekuatan kuat serta berwarna abu-abu gelap.

    Zakaria mengatakan bahwa, letusan dari Gunung Sinabung tersebut ke wilayah di Aceh diperkirakan masih terjadi diakibatkan terbawa angin yang sangat kencang pada Siang hari sekitar pukul 13.26 WIB.

    Adapun juga empat kabupaten/kota di Provinsi paling ujung utara di Sumatera tersebut yang terdampak abu vulaknik Gunung Sinabung, yaitu Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Subulussalam dan Aceh Selatan.

    "Akan tetapi kita masih belum bisa mendapatkan laporan dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Terutama dampak dari abu vulkanik Gunung Sinabung tersebut,"Ujar dia.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Pengetahuan

    Gaya Hidup

    Pendidikan