• Breaking News

    Minggu, 10 Desember 2017

    SEBUAH EXOPLANET BERBATU MIRIP BUMI DITEMUKAN OLEH ASTRONOM, APAKAH LAYAK DI HUNI?

    SEBUAH EXOPLANET BERBATU MIRIP BUMI DITEMUKAN OLEH ASTRONOM, APAKAH LAYAK DI HUNI?

    SEBUAH EXOPLANET BERBATU MIRIP BUMI DITEMUKAN OLEH ASTRONOM, APAKAH LAYAK DI HUNI?


    Banyak sekali planet asing yang berada diluar angkasa. Salah satu planet yang ditemukan baru-baru ini oleh Astronomi adalah exoplanet K2-18b. Menurut keterangan dari astronom NASA, exoplanet tersebut memiliki karakteristik yang mirip dengan Bumi.

    Dan sebetulnya, K2-12b telah ditemukan sejak tahun 2015 lalu. Disaat itu, exoplanet ditemukan berputar-putar mengelilingi K2-18, gugusan bintang kerdil merah (red dwarf) yang berada dilokasi sekitar 111 tahun cahaya di Konstelasi Leo.

    Exoplanet ini diklaim berada di zona layak huni. Jika diamati dari bintang induknya, exoplanet bisa menampung air dari permukaan.

    Akan tetapi, astronom masih harus mempelajari karakteristik K2-18b lebih lanjut terkait komposisi dan juga lingkugannya. NASA juga menggandeng sejumlah peneliti dari Universitas Texas dan Universitas Montreal untuk membantu melakukan penelitian tersebut.

    Para peneliti akan lebih lanjut mencari tahu soal penemuan K2-18b yang mirip dengan Bumi ini apakah merupakan exoplanet berbatu atau justru exoplanet yang dipenuhi oleh material gas layaknya Neptunus.

    Untuk mencari tahu massa dan juga radius exoplanet ini, para peneliti akan menggunakan instrumen pengukuran kecepatan dari Aceleration radial Velocity Planet Searcher dan instrumen Harps.

    Instrumen tersebut akan dipasang pada teleskop yang berukuran 3,6 meter di European Southern Observatory (ESO) di wilayah La Silla Observatory, Chili.

    Namun, dari setengah para pengamatan astronom selama ini, K2-18b ini diyakini sebagai exoplanet berbatu dengan atmosfer gas. Dengan kata lain, bisa dikatakan bahwa, exoplanet ini bisa menjadi sebuah planet yang cukup besar mengandung air dan juga lapisan es tebal dibagian permukaannya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Pengetahuan

    Gaya Hidup

    Pendidikan