• Breaking News

    Minggu, 16 Juli 2017

    ARIEF HIDAYAT TERPILIH KEMBALI SEBAGAI KETUA MAHKAMAH KONSTITUSI

    ARIEF HIDAYAT TERPILIH KEMBALI SEBAGAI KETUA MAHKAMAH KONSTITUSI


    Arief Hidayat terpilih kembali sebagai kepala hakim konstitusi untuk periode 2017 sampai 2020 dalam rapat paripurna pada hari Jumat.

    "Dalam musyawarah yang diakhiri dengan sebuah konsensus, pengadilan telah memberi saya mandat untuk melanjutkan kepemimpinan saya, kata Arief

    Arief berharap seluruh rakyat Indonesia bisa menjaganya saat menjalani masa jabatannya sebagai hakim konstitusi.

    Proses pemilihan kepala hakim yang diadakan di ruang sidang pengadilan dimulai sekitar pukul 8 pagi dan berakhir pada pukul 11.15. Suatu pemilihan dilakukan dalam rapat tertutup yang hanya dihadiri oleh hakim Mahkamah Konstitusi.

    "Meski sudah berjalan hampir tiga jam, keadilan baru dapat dipilih melalui musyawarah yang berakhir dengan sebuah konsensus sehingga tidak perlu lagi melakukan pemungutan suara terbuka seperti yang terjadi pada pemilihan sebelumnya, kata Arief.

    Arief menjabat sebagai ketua pengadilan dari tahun 2015 sampai 2017 dan dia harus pensiun pada bulan April 2018.

    Lembaga pengawas di Indonesia telah menyuarakan keberatan terhadap kemungkinan terpilihnya kembali, salah satunya adalah karena masa pensiunnya yang akan datang.

    Mereka juga mengklaim bahwa Arief telah gagal memimpin Mahkamah Konstitusi secara memadai selama masa jabatannya dua setengah tahun, di mana dia dituduh telah melanggar kode etik pengadilan pada tahun 2015.

    Dia juga diduga melakukan judicial review yang diminta oleh seorang narapidana korupsi di Probolinggo, Jawa Timur, yang meminta pemohon, yang kemudian mengizinkan kandidat yang dipidana untuk berpartisipasi dalam pemilihan daerah secara bersamaan di kabupaten tersebut tahun lalu.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Pengetahuan

    Gaya Hidup

    Pendidikan