• Breaking News

    Jumat, 16 Maret 2018

    INILAH DUKUNGAN PRESIDEN JOKOWI TERHADAP AUSTRALIA DI ASEAN

    INILAH DUKUNGAN PRESIDEN JOKOWI TERHADAP AUSTRALIA DI ASEAN


    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan dukungannya kepada Australia untuk menjadi anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan memainkan peran lebih besar di sektor pertahanan, perdagangan dan keamanan negara tersebut.

    "Saya pikir hal tersebut merupakan ide bagus," kata Widodo dalam sebuah wawancara dengan Fairfax Media.

    Jokowi juga membuat pernyataan sebelum dirinya terbang ke Sydney untuk KTT ASEAN, yang pertama yang dihadiri oleh Australia.

    Media Australia mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya seorang presiden Indonesia menunjukkan dukungan untuk masuknya Australia ke ASEAN. Meski begitu, Jokowi tidak bisa mengatakan apakah anggota ASEAN lainnya akan mendukung atau menolak pandangannya.

    Menanggapi pernyataan Jokowi, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull juga  mengatakan bahwa dirinya "akan terus membicarakannya dengan Presiden Jokowi jika dia mengangkatnya bersama saya".

    Turnbull mengundang Jokowi untuk makan malam di kediamannya besok malam.

    Ahli ANU Indonesia Dr. Greg Fealy mempertanyakan apakah negara-negara ASEAN lainnya setuju dengan yang dilakukan Jokowi, karena asosiasi tersebut bekerja berdasarkan konsensus. "Tanpa kesepakatan keseluruhan, itu tidak akan terjadi," katanya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Pengetahuan

    Gaya Hidup

    Pendidikan